Aktivitas Antioksidan Hand And Body Lotion Ekstrak Pegagan (Centella asiatica(L.) Urban) Dengan Metode DPPH (2,2-Difenil-1-Pikrilhidrazil)

  • Iif Hanifa Nurrosyidah STIKES Rumah Sakit Anwar Medika
  • Muhammad Ainul Yahya
  • Helen Silvia Anjani

Abstract

Pola hidup yang tidak sehat dan polusi udara menyebabkan jumlah radikal bebas dalam tubuh meningkat. Untuk melindungi tubuh dari radikal bebas terdapat senyawa antioksidan sebagai penangkal dan menstabilkan radikal bebas. Salah satu tumbuhan Indonesia yang bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan adalah pegagan (Centella asiatica (L.) Urban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi aktivitas antioksidan dari Hand and body lotion ekstrak pegagan dengan metode DPPH (2,2-Difenil-1-pikrilhidrazil) yang dinyatakan dengan nilai IC 50. Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban) diekstraksi dengan metode soxhletasi menggunakan pelarut etanol 96% dan diformulasikan dalam bentuk hand and body lotion menggunakan variasi konsentrasi ekstrak pegagan berturut - turut yaitu 1%, 3% dan 5%. Kemudian dilakukan evaluasi fisik terhadap ketiga hand and body
lotion untuk menentukan formula yang terbaik yang akan diuji aktivitas antioksidannya. Formula hand and body lotion dengan konsentrasi ekstrak pegagan sebanyak 5% menunjukkan formula yang terbaik. Hasil pengujian aktivitas antioksidan pada hand and body lotion ekstrak pegagan menunjukkan nilai IC 50 sebesar 449,14 ppm. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan hand and body lotion ekstrak pegagan termasuk dalam kriteria antioksidan sangat lemah.
Published
Dec 30, 2020
How to Cite
NURROSYIDAH, Iif Hanifa; YAHYA, Muhammad Ainul; ANJANI, Helen Silvia. Aktivitas Antioksidan Hand And Body Lotion Ekstrak Pegagan (Centella asiatica(L.) Urban) Dengan Metode DPPH (2,2-Difenil-1-Pikrilhidrazil). Journal of Pharmaceutical Care Anwar Medika (J-PhAM), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 46-54, dec. 2020. ISSN 2684-7361. Available at: <http://jurnal.stikesrsanwarmedika.ac.id/index.php/jpcam/article/view/44>. Date accessed: 03 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36932/jpcam.v3i1.44.