Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Orangtua Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Pernikahan Dini Di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto

  • Rina Widiyawati
  • Siti Muthoharoh Prodi Ilmu Keperawatan STIKES Dian Husada

Abstract

Menurut United Nations Development Economic and Social Affairs Indonesia me­rupakan negara ke-37 di dunia dan peringkat ke-2 di ASEAN setelah Kamboja sebagai negara de­ngan presentase pernikahan usia muda yang tinggi. Organisasi Kesehatan Dunia WHO meng­harapkan Indonesia lebih komitmen menurunkan angka kematian ibu dan bayi sebagai dampak per­nikahan dini.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap orangtua tentang kesehatan reproduksi remaja terhadap kejadian pernikahan dini di Kecamatan Trowulan Kabu­paten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Variabel independen adalah pengetahuan dan sikap orangtua tentang kesehatan reproduksi, variabel dependen adalah kejadian pernikahan dini. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak perempuan yang telah menikah dan jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner tertutup dan dianalisa menggunakan Uji Regresi Logistik. Terdapat pengaruh pengetahuan orangtua tentang kesehatan reproduksi remaja terhadap kejadian pernikahan dini dengan p-value = 0.03 dan terdapat pengaruh sikap orangtua tentang kesehatan reproduksi remaja tentang kejadian pernikahan dini dengan p-value = 0.00.  Kedua variabel independen memiliki pengaruh terbalik dengan kejadian pernikahan dini, semakin tinggi pengetahuan dan semakin positif sikap tentang kesehatan reproduksi remaja maka semakin menurun kejadian pernikahan dini di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.


 

Published
Dec 30, 2020
How to Cite
WIDIYAWATI, Rina; MUTHOHAROH, Siti. Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Orangtua Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Pernikahan Dini Di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Journal of Pharmaceutical Care Anwar Medika (J-PhAM), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-12, dec. 2020. ISSN 2684-7361. Available at: <http://jurnal.stikesrsanwarmedika.ac.id/index.php/jpcam/article/view/35>. Date accessed: 03 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36932/jpcam.v3i1.35.